BADAN KEUANGAN DAERAH
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
Pembebasan Denda Pajak Kendaraan Bermotor
23 December 2019 Ditulis Oleh : bakeudaprovkalsel

Pembebasan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Banjarbaru, Badan Keuangan Daerah Prov. Kalsel membuka kesempatan bagi para penunggak pajak kendaraan untuk memperoleh keringanan denda pajak kendaraan (pemutihan) terhitung sejak 23 Desember hingga 30 Desember 2019.

Keringanan itu berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan Nomor 188.44/0979/KUM/2019 Tentang Pemberian Pembebasan Saksi Administrasi Berupa Denda Pajak Kendaraan Bermotor di Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Selain pembebasan denda pajak kendaraan bermotor juga diberlakukan untuk kendaraan bermotor baru (faktur melebihi 30 hari) serta mutasi masuk (fiskal melebihi 30 hari) kendaraan bermotor dari luar Provinsi Kalsel maupun antar Kabupaten/Kota dalam Provinsi Kalsel. Keringanan tersebut tidak berlaku untuk kendaraan bermotor yang keluar dari Provinsi Kalsel.

Pemberian pembebasan sanksi administrasi tersebut hanya berlaku di Kantor SAMSAT Induk dan tidak berlaku di layanan SAMSAT Unggulan, seperti Antar Jemput, Mobil Keliling, SAMSAT Corner, e-SAMSAT, Samolnas, Mobile Banking, Online serta SAMSAT Desa.

Selain program pemutihan denda pajak kendaraan bermotor, juga terdapat pembebasan bebas bea balik nama kendaraan dan pembebasan pajak progresif bagi kendaraan bermotor roda 4 (empat) atau lebih dibawah 2.000cc.

Pembebasan denda administrasi tersebut ditujukan untuk mendorong masyarakat semakin taat membayar pajak dan untuk mendongkrak penerimaan pajak dari piutang atau yang menunggak pajak kendaran bermotor sehingga target Pendapatan di APBD Perubahan 2019 dapat tercapai (Bakeuda, 23-12-2019)